Kab.Mempawah
WONDERFUL INDONESIA
Pesona Indonesia

Pantai Kijing Mempawah


Pantai Kijing terletak di Desa Sungai Kunyit Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah provinsi Kalimantan Barat. Pantai ini memiliki benyak keindahan salah satunya pesisir pantai yang penuh pohon kelapa serta pasir putihnya yang landai.

Wisata pantai Kijing sejak lama telah menjadi obyek wisata primadona di Kabupaten mempawah,Pantai yang sangat indah dihiasi bukit serta pepohonan yang sejuk. 

Ada bukit yang menghadap ke pantai dan pepohonan kelapa yang berjajar rapi, ada juga lapangan gastrek menjadi unggulan berbanding pantai lainnya.

Diperlukan waktu tempuh sekitar 3 jam atau berjarak sekitar 70 Km dari kota Pontianak menuju ke Pantai Kijing ini. 

Selain itu bisa juga diakses dari arah Kota Singakwang berjarak sekitar 15 Km dari Mempawah arah ke kota Singkawang. Pantai pun sudah dapat dilihat dari jalan raya

Nama Kijing berasal dari nama sejenis kerang berbentuk kecil dan memanjang yang banyak terdapat di tepi pantai. Sebelum menjadi lokasi obyek wisata seperti sekarang. 

Pantai Kijing merupakan tempat hidupnya hutan mngrove dengan berbagai jenis biota laut seperti kepiting, kerang, dan sebagainya.

Di sepanjang pantai wisata Pantai Kijing, mulai dari arah Selatan hingga ke Utara yang terlihat hanya hamparan pasir putih dan rindangnya pohon kelapa sebagai tempat berteduh. Suasana pantai memang tak bisa dipungkiri memberikan keindahan tersendiri. 

Apalagi jika menjelang sore hari dan waktu terbenamnya sang matahari di ufuk Barat, memberikan kepuasan tersendiri bagi pengunjung.

Kini Pantai Ini Dibangun Pelabuhan Kijing Untuk pembangunan Terminal Kijing,Terminal Kijing dirancang untuk memfasilitasi kegiatan bongkar muat kapal-kapal besar.

Yang akan menjadi pelabuhan berstandar internasional terbesar di Kalimantan. Keberadaannya akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sehingga akan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat
SHARE

About Wonderful Bengkayang

Recommended